Asas-Asas CTL
CTL sebagai suatu pendekatan pembelajaran memiliki
7 asas. Asas-asas ini yang melandasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan CTL
1. Konstruktivisme
Adalah proses pembangunan baru dalam struktur
kognitif siswa berdasarkan pengalaman.
2. Inkuiri
Adalah proses pembelajaran didasarkan pada
pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Proses
inkuiri dilakukan dalam beberapa langkah:
Merumuskan masalah
Mengajukan hipotesis
Mengumpulkan data
Menguji hipnotis berdasarkan data yang ditemukan
Membuat kesimpulan
Belajar pada hakikatnya adalah bertanya dan
menjawab pertanyaan. Bertanya dapat dipandang sebagai refleksi dari
keingintahuan setiap individu; sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan
kemampuan seseorang dalam berfikir.
Dalam suatu pembelajaran yang produktif kegiatan
bertanya akan sangat berguna untuk:
a) menggali informasi
dan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran
b) membangkitkan
motvasi siswa untuk belajar
c) merangsang
keingintahuan siswa terhadap sesuat
d) memfokuskan siswa
pada suatu yang diinginkan
e) membimbing siswa
untuk menemukan atau menyimpulkan sesuatu
4. Masyarakat
Belajar (Learning Community)
Konsep Masyarakat Belajar (Learning Community)
dalam CTL menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh melalui kerjasama
dengan orang lain. Dalam kelas CTL, asas ini dapat dilakukan dengan menerapkan
pembelajaran melalui kelompok belajar.
5. Pemodelan (Modeling)
Merupakan proses pembelajarn dengan memperagakan
sesuatu sebagai conto yang dapat ditiru oleh setiap siswa.
6. Refleksi (Reflection)
Merupakan proses
pengendapan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara
mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau peristiwa pembelajaran yang telah
dilalui.
7. Penilaian
Nyata (Authentic Assessment)
Adalah proses
yang dilakukan guru untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan belajar
yang dilakukan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar